Latest News

Tugas Pokok, Tujuan, Dan Fungsi Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka  ialah organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan di Indonesia. Sebagai sebuah organisasi, Gerakan tentu mempunyai tugas pokok, tujuan, dan fungsi. Tujuan dan fungsi Gerakan tersebut secara terang telah diuraikan baik dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan maupun dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan .

Adapun kiprah pokok Gerakan ialah untuk melakukan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah. Pendidikan ini untuk melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Pendidikan tersebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan Gerakan .

Untuk tujuan dan fungsi Gerakan diuraikan sebagai mana di bawah.

Tujuan Gerakan Pramuka 

Tujuan Gerakan ialah untuk membentuk setiap supaya menjadi eksklusif yang beriman, bertakwa, mempunyai sopan santun yang mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan disiplin. Selain itu juga eksklusif yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta mempunyai dan menguasai kecakapan hidup. Dengan itu semua diperlukan menjadi kader bangsa yang bisa menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup.



Pencapaian tujuan tersebut diperlukan berhasil membentuk kader bangsa sekaligus kader pembangunan di Indonesia yang berkepribadian. Kepribadian tersebut diantaranya ialah beriman dan bertakwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di samping tersebut, diperlukan bisa membentuk sikap dan sikap yang positif, dengan ditandai menguasai keterampilan dan kecakapan serta mempunyai ketahanan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik.  Dengan sikap-sikap tersebut akan menyebabkan insan yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan bisa membangun dirinya sendiri serta bahu-membahu bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Fungsi Gerakan Pramuka 

Di samping kiprah pokok dan tujuan di atas, sebagai organisasi Gerakan mempunyai fungsi. Fungsi Gerakan tersebut selaras dengan kiprah pokok Gerakan . Fungsi Gerakan ialah sebagai penyelenggara pendidikan nonformal di luar sekolah dan di luar keluarga. Pendidikan tersebut menjadi wadah pembinaan dan pengembangan kaum muda dengan ciri khusus. Ciri khususnya ialah penerapan Prinsip dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Sistem Among dalam pendidikan yang dilakukan Gerakan .

Selain sebagai penyelenggara pendidikan nonformal, Gerakan pramuka juga berfungsi sebagai wadah untuk mencapai tujuan  Gerakan . Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pelbagai perjuangan yang mencakup :

  1. Pendidikan dan training ; 
  2. Pengembangan ;
  3. Pengabdian masyarakat dan orang tua; 
  4. Permainan yang berorientasi pada pendidikan.

Itulah sekilas perihal kiprah pokok, fungsi dan tujuan dari Gerakan . Selayaknya setiap anggota Gerakan memahami hal-hal tersebut di atas.

0 Response to "Tugas Pokok, Tujuan, Dan Fungsi Gerakan Pramuka "