Latest News

Moto (Motto) Gerakan Pramuka

Moto atau kadang ditulis 'motto' Gerakan yakni moto tetap dan tuggal bagi Gerakan dan seluruh anggotanya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, moto (penulisan yang baku yakni 'moto') yakni kalimat, frasa, atau kata yang dipakai sebagai semboyan, pedoman, atau prinsip ibarat kalimat "berani alasannya benar". Setiap organisasi bahkan setiap Individu sanggup mempunyai moto masing-masing. Seperti Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut yang mempunyai moto "Jalesmewa Jaya Mehe", Radio Republik Indonesia dengan motonya, "Sekali di Udara Tetap di Udara". Demikian juga dengan Gerakan Pramuka.

Motto Gerakan merupakan bab terpadu dalam proses pendidikan kepramukaan. Fungsi utama moto Gerakan yakni untuk mengingatkan setiap anggota Gerakan dalam mengikuti setiap acara harus mempersiapkan diri untuk mengamalkan kode kehormatan .

Sebagai bab dari proses pendidikan kepramukaan, moto Gerakan Pramuka  memberi efek terhadap jiwa penerima didik. Pengaruh tersebut diantaranya yakni :

  1. menambah rasa percaya diri pada setiap anggota Gerakan Pramuka
  2. menambah semangat dedikasi kepada masyarakat, bangsa dan negara.
  3. menyiapkan diri penerima bimbing dalam mengamalkan Satya dan Darma
  4. menumbuhkan dan meningkatkan rasa gembira sebagai
  5. memiliki budaya kerja yang melandasi pengabdiannya.

Bunyi Moto Gerakan Pramuka

 Gerakan  yakni moto tetap dan tuggal bagi Gerakan  dan seluruh anggotanya Moto (Motto) Gerakan
Motto Gerakan menambah rasa percaya diri penerima didik

Adapun moto Gerakan Pramuka berbunyi : SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN.

Penegasan kalimat "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan" sebagai motto Gerakan Pramuka  terdapat dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka  Pasal 22. (Baca : AD ART Gerakan Terbaru). Kalimat atau frasa yang dijadikan moto Gerakan Pramuka  tersebut terdapat juga dalam lirik Satya Darma (Lagu Hymne ).

Lain-lain Terkait Moto Gerakan Pramuka

  • Moto Gerakan menjadi salah satu syarat dan SKU Penggalang Ramu. Dalam SKU Penggalang Ramu poin ke-14 seorang calon penggalang ramu harus tahu ihwal Salam , Moto Gerakan , dan Lambang Gerakan . Salah satu pencapaian SKU point tersebut yakni sanggup menyebutkan motto Gerakan .
  • Beberapa pihak beranggapan bahwa moto Gerakan Pramuka bukanlah "Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan", melainkan "Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana". Padahal kalimat yang terakhir merupakan salah satu moto Pembina .
  • Motto Gerakan Pramuka tersebut hendaknya sanggup dihayati dan selalu tertanam pada diri setiap anggota Gerakan Pramuka. Dengan itu akan selalu terpacu dan termotivasi dalam berupaya merealisasikan satya pramuka dan mengamalkan darma pramuka dalam kehidupan sehari-hari.
  • Di samping memakai moto Gerakan Pramuka, setiap satuan sanggup menciptakan dan memakai moto Satuan. Hal ini untuk menanamkan dan meningkatkan pujian dan kekompakan dalam satuan tersebut.

0 Response to "Moto (Motto) Gerakan Pramuka"