Latest News

Kumpulan Lagu Kawasan Jawa Barat (Sunda) Mp3 - Lirik

Kumpulan lagu tempat Jawa Barat atau Sunda ini ialah daftar lagu-lagu tempat (tradisioal) yang berasal dari provinsi Jawa Barat. Atau sanggup juga diartikan sebagai kumpulan lagu-lagu tradisional dari Suku Sunda. Selain berupa daftar juga dilengkapi dengan link donwload file MP3 dan lirik lagu-lagu tersebut. Suku Sunda merupakan kelompok etnis yang berasal dari wilayah di provinsi Jawa Barat dan beberapa tempat di sekitarnya. Dalam keorganisasian pramuka,  wilayah ini disebut juga sebagai Kwartir Daerah Jawa Barat.

Bagi anggota Gerakan , sudah selayaknya mengenali dan mengetahui lagu tempat masing-masing. Bagi anggota Kwarda Jawa Barat tentunya ialah lagu tempat Jawa Barat atau lagu tradisional Sunda. Selain sebagai wujud cinta budaya tempat dan nasional, penguasaan terhadap lagu tempat menjadi salah satu syarat dalam kecakapan umum (SKU).

Menyebutkan salah satu seni budaya di tempat asalnya dan tempat lain, bisa menampilkan kesenian daerah, sampai sanggup menyanyikan lagu tempat tempat tinggalnya dan tempat lain menjadi syarat SKU baik untuk tingkatan pramuka Siaga, Penggalang, sampai Penegak.

 Atau sanggup juga diartikan sebagai kumpulan lagu Kumpulan Lagu Daerah Jawa Barat (Sunda) MP3 - Lirik

Daftar Lagu Daerah Jawa Barat (Sunda)


Suku Sunda merupakan kelompok etnis terbesar kedua di Indonesia sesudah Suku Jawa. Suku yang mendiami provinsi Jawa Barat ini tentunya mempunyai etika istiadat dan seni budaya sebagai ciri khasnya. Termasuk di dalamnya ialah aneka macam lagu daerah, yang di sini tentunya ialah lagu tempat Jawa Barat.

Jawa Barat atau Sunda ternyata mempunyai banyak lagu daerah. Berbagai judul lagu tempat sanggup dijumpai di tempat ini. Dari banyak lagu tersebut, beberapa yang cukup familiar (dan hendaknya dikuasai oleh para pramuka) ialah sebagai berikut. Untuk mendengarkan dan mengunduh lagu, klik tautan yang tersedia.


  1. Bajing Luncat; (Unduh MP3) 
  2. Bubuy Bulan; (Unduh MP3)
  3. Cing Cangkeling; (Unduh MP3)
  4. Es Lilin; (Unduh MP3)
  5. Manuk Dadali; (Unduh MP3)
  6. Neng Geulis; (Unduh MP3)
  7. Nenun; (Unduh MP3)
  8. Panon Hideung; (Unduh MP3)
  9. Pepepling; (Unduh MP3)
  10. Peuyeum Bandung; (Unduh MP3)
  11. Pileuleuyan; (Unduh MP3)
  12. Sapu Nyere Pegat Simpai; (Unduh MP3)
  13. Tokecang; (Unduh MP3)
  14. Warung Pojok; (Unduh MP3)
Sedangkan untuk teks lirik masing-masing lagu tempat di Jawa Barat sebagaimana terdaftar di atas sanggup dilihat di sini.

Baca juga aneka macam lagu daerah, lagu nasional, dan lagu pramuka lainnya di link berikut ini :
Itulah tadi mengembangkan judul lagu tempat asal Jawa Barat dilengkapi dengan file MP3 dan lirik lagunya. Beberapa judul memang belum tersedia MP3-nya namun ke depannya akan dilengkapi.


0 Response to "Kumpulan Lagu Kawasan Jawa Barat (Sunda) Mp3 - Lirik"