Latest News

Kumpulan Lagu Tempat Jawa Tengah Dan Yogyakarta Mp3

Kumpulan lagu kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini ialah daftar mp3 lagu tradisional (lagu daerah) yang berasal dari masyarakat di provinsi Jawa Tengah dan Daerah spesial Yogyakarta. Meskipun keduanya merupakan dua provinsi yang berbeda, namun secara budaya dan sopan santun istiadat hampir ibarat sebab sama-sama dari suku bangsa Jawa. Demikian juga dalam hal lagu kawasan di kedua provinsi tersebut. Kedua provinsi tersebut dalam keorganisasian Gerakan disebut sebagai Kwartir Daerah Jawa Tengah dan Kwartir Daerah DI Yogyakarta.

Anggota Gerakan sudah selayaknya mengetahui dan mengenal lagu-lagu tradisional di kawasan masing-masing. Pun demikian bagi anggota pramuka di kwarda Jawa tengah dan Yogyakarta. Pengenalan terhadap lagu tradisional ini selain sebagai bentuk cinta terhadap budaya kawasan sendiri, pun menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam SKU (Syarat Kecakapan Khusus).

Baik dalam Penggalang, maupun Penegak sama-sama mensyaratkan pengenalan terhadap seni budaya kawasan masing-masing maupun kawasan lain di Indonesia. Syarat tersebut mulai dari menyebutkan salah satu seni budaya di kawasan asalnya dan kawasan lain, bisa menampilkan kesenian daerah, sampai sanggup menyanyikan lagu daerah. Sehingga pengenalan akan kumpulan lagu daerah, termasuk lagu tradisional dari kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta menjadi sesuatu yang wajib.

Kumpulan lagu kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta Kumpulan Lagu Daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta MP3
Lagu Daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta

Daftar Lagu Daerah Jawa Tengah


Jawa Tengah didiami oleh Suku Jawa yang menjadi kelompok etnis terbesar di Indonesia. Suku Jawa ini mempunyai beberapa sub-suku ibarat Suku Osing, Orang Samin, Suku Tengger, dan lainnya, termasuk kesatuan budaya Banyumasan. Suku Jawa mempunyai banyak sekali ragam seni budaya termasuk beraneka judul lagu tradisional.

Beberapa lagu kawasan (lagu tradisional) suku Jawa yang berasal dari wilayah Jawa Tengah diantaranya adalah:


  1. Bapak Pucung; (Unduh MP3)
  2. Gambang Suling; (Unduh MP3)
  3. Gek Kepriye; (Unduh MP3)
  4. Gundul-Gundul Pacul; (Unduh MP3)
  5. Jamuran; (Unduh MP3)
  6. Jangkrik Genggong; (Unduh MP3)
  7. Jaranan; (Unduh MP3)
  8. Jenang Gulo; (Unduh MP3)
  9. Lir-Ilir; (Unduh MP3)
  10. Padhang Bulan; (Unduh MP3)

Daftar Lagu Daerah Yogyakarta


Seperti halnya Jawa Tengah, Daerah spesial Yogyakarta merupakan kawasan yang didominasi oleh etnis suku Jawa. Sehingga mempunyai seni budaya Jawa yang juga beragam. Termasuk diantaranya banyak sekali judul lagu tradisional.

Diantara beberapa lagu tradisional kawasan Jawa yang dikenal luas di Yogyakarta antara lain ialah :


  1. Pitik Tukung ; (Unduh MP3)
  2. Sinom; (Unduh MP3)
  3. Suwe Ora Jamu; (Unduh MP3)
  4. Walang Kekek; (Unduh MP3)
Baca juga banyak sekali lagu daerah, lagu nasional, dan lagu pramuka lainnya di tautan berikut ini:


0 Response to "Kumpulan Lagu Tempat Jawa Tengah Dan Yogyakarta Mp3"