Latest News

Pagar Tenda Perkemahan Sederhana

Pagar tenda perkemahan atau pagar kapling perkemahan merupakan salah satu kelengkapan tenda yang sangat penting. Pagar tenda, selain menjadi pembatas wilayah tenda (kapling) dan menjaga keamanan tenda beserta isinya, juga berfungsi untuk memperindah tenda (fungsi estetika).

Pagar tenda perkemahan juga menjadi potongan tidak terpisahkan dari gapura tenda pramuka. Di potongan depan tenda, pagar ini menyambung pribadi dengan gapura. Dilanjutkan dengan di sebelah kanan, kiri, dan belakang tenda (mengelilingi tenda) sehingga membentuk sebuah zona wilayah.

Ada banyak rujukan dan model pagar tenda. Mulai dari yang paling sederhana sampai yang kompleks.

Kali ini Blog perkemahan pramuka yang sederhana. Pagar ini bisa dibentuk dengan memakai tongkat bambu dan tali pramuka atau tali lainnya.

Kelebihan pagar model ini ialah bahan-bahannya yang gampang dipersiapkan, gampang dibawa (diangkut), serta gampang dan cepat ketika pembuatannya sebab bisa dikerjakan pribadi di lokasi (bumi perkemahan). Selain itu, pagar ini pun gampang dan cepat ketika dibubarkan ketika acara perkemahan berakhir.

Pagar tenda perkemahan atau pagar kapling perkemahan merupakan salah satu kelengkapan tend Pagar Tenda Perkemahan  Sederhana


Baca juga:



Bahan-bahan yang diharapkan untuk membuat pagar tenda perkemahan sederhana ini meliputi:

  • Bambu dengan salah satu ujung yang dilancipkan
    Tinggi bambu diadaptasi dengan kebutuhan. Jika sebab keterbatasan bahan, bambu sanggup di pecah menjadi beberapa bilah yang penting tetap kuat. Sedangkan ujung yang dilancipkan bertujuan supaya bambu sanggup ditancapkan ke dalam tanah sehingga ketika memasang tidak perlu menggali tanah. Jumlah bambu diadaptasi dengan kebutuhan.
  • Tali
    Tali sanggup memakai tali pramuka, tali rafia, maupun tali lainnya. Jumlah tali diadaptasi dengan kebutuhan.
  • Aksesoris lain untuk memperindah pagar

Contoh model pagar tenda perkemahan pramuka atau pagar kapling ialah sebagai mana gambar berikut ini.

Pagar tenda perkemahan atau pagar kapling perkemahan merupakan salah satu kelengkapan tend Pagar Tenda Perkemahan  Sederhana

Jarak antara satu bambu dengan bambu lainnya menyesuaikan atau sesuai dengan selera. Masing-masing tali ditautkan pada bambu dengan memakai simpul pangkal.

Tali yang dibentuk melintang terdiri atas dua buah utas tali. Tali pertama dari potongan atas sedang tali kedua dari potongan bawah. Di potongan tengah-tengah antara kedua tongkat (bambu) tali pertama dan kedua saling ditautkan lalu tali pertama kembali ke potongan atas sedangkan tali kedua kembali ke potongan bawah.

Model pagar tenda sederhana tersebut, sanggup dipasangkan aksesoris dengan memakai potongan bambu di titik pertemuan tali pertama dan kedua (di tengah-tengah antara dua tongkat/bambu), ibarat gambar berikut ini.

Pagar tenda perkemahan atau pagar kapling perkemahan merupakan salah satu kelengkapan tend Pagar Tenda Perkemahan  Sederhana

Tali pertama (dari potongan atas) sedang tali kedua dari potongan bawah. Keduanya sama-sama dimasukkan ke dalam rongga potongan bambu. Tali pertama lalu kembali ke atas dedangkan tali kedua kembali ke bawah.

Aksesoris potongan batang bambu sanggup diganti dengan benda sejenis ibarat potongan pipa plastik dan lain-lain.

Model pagar tersebut sanggup juga dimodifikasi dengan memakai aksesoris berupa papan bergambar ibarat berikut ini.

Pagar tenda perkemahan atau pagar kapling perkemahan merupakan salah satu kelengkapan tend Pagar Tenda Perkemahan  Sederhana

Papan diberikan lobang ke keempat sudutnya. Lubang ini sebagai daerah memasukkan tali pertama dan tali kedua.

Model, bentuk, bahan, dan gambar pada aksesoris tersebut sanggup diadaptasi dengan kondisi. Seperti dengan memakai materi tripleks dan lembaran plastik (yang tidak gampang robek). Bentuknya pun bisa dibentuk segi empat, lingkaran, atau pun ibarat rujukan ganmar di atas, berbentuk persegi enam.

Itulah salah satu contoh model pagar tenda perkemahan pramuka dalam bentuk yang sederhana. Sebagai seorang pramuka, tentunya kita harus bisa kreatif membuat model-model pagar tenda lainnya yang lebih baik, murah, dan gampang dalam pemasangannya.

0 Response to "Pagar Tenda Perkemahan Sederhana"