Latest News

Game Outbound Jarum Mustika

ria. Game outbound Jarum Mustika merupakan salah satu dari banyak game dan permainan outbound yang sanggup dilaksanakan dalam latihan pramuka dan aktivitas kepramukaan. Game Jarum Mustika, selain seru dan mengasyikkan, pun banyak menunjukkan pendidikan dan penanaman abjad dan perilaku pada penerima asuh . Dan sebagai permainan yang harus dimainkan secara berkelompok, Jarum Mustika akan sangat sempurna sebagai media pembentukan team building dan kekompakan kelompok.

Bisa dikatakan Game outbound Jarum Mustika merupakan pengembangan dari game sejenis yang biasanya dilakukan secara perseorangan. Dan ketikan permainan pramuka ini dilakukan secara berkelompok, keseruan, tingkat kesulitan, sampai nilai-nilai dari permainan ini semakin kentara.

Untuk melakukan jenis game outbound ini tidak sulit. Peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan pun sanggup didapatkan dengan mudah. Dan game sebagaimana dalam artikel dan video ini tidak baku sehingga sanggup dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan situasi. Baik dari segi jenis peralatan yang dipakai maupun dari jumlah penerima yang memainkannya dalam satu kelompok. Termasuk untuk nama permainan, "Jarum Mustika" sanggup juga diubah atau disesuaikan.

Baca Juga : Game Outbound Stepping Carpets atau Kapal Pecah

 merupakan salah satu dari banyak game dan permainan outbound yang sanggup dilaksanakan dalam Game Outbound  Jarum Mustika


Peralatan dan Aturan Main


Peralatan yang diharapkan antara lain :

  1. Botol beling atau sejenisnya yang mempunyai lubang berukuran kecil di bab atasnya.
  2. Polpen, pensil atau sejenisnya yang mempunyai diameter lebih kecil dari pada lisan botol.
  3. Beberapa utas tali.
Aturan permainan dan cara memainkan game outbound Jarum Mustika ini sanggup dilihat di video berikut ini. Silakan klik tombol play (segi tiha di tengah video)


Secara sederhana cara memainkannya yakni persiapkan dulu peralatannya yaitu botol beling dan pensil yang diikatkan dengan beberapa utas tali. Setiap kelompok (tim) memegang ujung tali (atau diikatkan di tubuh) sehingga pensil terentang dengan tali di atas botol. Dengan saling membelakangi, kelompok berusaha memasukkan pensil ke dalam lisan botol. Tim yang memenangkan permainan yakni yang mencatatkan waktu tercepat. Atau sanggup juga dibentuk semisal kompetisi berkelahi cepat dengan beberapa tim yang bermain bersama. Tim pemenang yakni kelompok yang paling awal (cepat) memasukkan pensil ke dalam lisan botol.

Meskipun sederhana namun game outbound Jarum Mustika ini cukup baik untuk menanamkan nilai-nilai kekompakan kelompok (team building). Menumbuhkan dan menyebarkan nilai kepemimpinan, saling koordinasi antara anggota kelompok, dan melatih kesabaran masing-masing anggotanya.

0 Response to "Game Outbound Jarum Mustika"