Latest News

Peralatan Berkemah Bagi Pramuka

Peralatan berkemah yaitu aneka macam peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan oleh seorang pramuka ketika hendak mengikuti perkemahan. Berbagai peralatan tersebut harus disiapkan terlebih dahulu demi kelancaran dalam mengikuti perkemahan. Jenis dan macam perlengkapan yang harus disiapkan sebelum mengikuti perkemahan harus diubahsuaikan dengan waktu, lama, lokasi, dan tujuan perkemahan. Perkemahan yang dilaksanakan satu hari dengan perkemahan yang berlangsung satu ahad niscaya membutuhkan peralatan yang berbeda. Pun berkemah di tempat pegunungan dengan di dataran rendah akan membutuhkan peralatan yang juga berbeda.

Peralatan dalam berkemah sanggup dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu peralatan kelompok dan peralatan pribadi. Peralatan kelompok yaitu peralatan yang harus disiapkan dan dipakai secara bersama-sama. Sebaliknya, peralatan pribadi yaitu peralatan untuk masing-masing anggota kelompok.

Macam Jenis Peralatan Kemah Kelompok

 yaitu aneka macam peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan oleh seorang pramuka keti Peralatan Berkemah Bagi
Regu penggalang tengah membawa peralatan perkemahannya


Peralatan berkemah ini dipakai secara tolong-menolong atau berkelompok satu regu atau sangga. Sehingga untuk mempersiapkannya dibutuhkan koordinasi atau pembagian pada masing-masing anggota kelompok. Usahakan pembagian penyiapan peralatan ini merata ke semua anggota kelompok. Contoh peralatan kemah yang harus dipersiapkan secara tolong-menolong (berkelompok) yaitu :

  1. Tenda dan perlengkapannya ibarat tiang tenda, tali tenda, pasak, dan palu pemukul pasak.
  2. Peralatan memasak, ibarat kompor masak, panci, wajan, timba air, sendok sayur, pisau, dll.
  3. Bahan makanan, ibarat beras, mi instan, dan lauk.
  4. Tikar tenda
  5. Cangkul kecil untuk menciptakan parit air di sekitar tenda
  6. Kompas
  7. Bendera Merah Putih, bendera WOSM, dan bendera Tunas Kelapa (bendera gudep atau kwartir)
  8. Lampu penerangan
Dalam beberapa jenis perkemahan atau jikalau dibutuhkan, sanggup juga dilengkapi dengan perlengkapan untuk menciptakan gapura tenda, pagar sekeliling tenda, alat kebersihan, perlengkapan tiang bendera, dll.

Macam Jenis Peralatan Kemah Pribadi


Peralatan pribadi yaitu barang-barang yang dipakai secara pribadi oleh setiap anggota kelompok. Untuk menyiapkannya setiap anggota membawa peralatan sesuai dengan kebutuhan. Peralatan yang dibawa haruslah peralatan yang benar-benar dibutuhkan sehingga tidak memberatkan ketika membawanya. Berbagai peralatan peralatan yang harus dipersiapkan antara lain :
  1. Ransel, pilihlah rangsel yang kuat, ringan, dan tahan air.
  2. Tas lapangan atau tas kecil (jika ada) untuk tempat peralatan-peralatan yang kerap dibutuhkan dalam acara ibarat alat tulis, peluit, korek api, dan obat-obatan.
  3. Pakaian .
  4. Pakaian olah raga atau lapangan.
  5. Pakaian (alat) sholat, bagi penerima yang beragama islam.
  6. Sepatu.
  7. Kaos kaki.
  8. Sarung tangan, jikalau berkemah di tempat yang dingin.
  9. Pakaian untuk istirahat atau tidur.
  10. Sleeping bag (kantong tidur) jikalau ada.
  11. Selimut, jikalau tidak mempunyai sleeping bag.
  12. Jaket tebal, jikalau berkemah di tempat yang dingin.
  13. Pakaian ganti seperlunya, mulai dari pakaian pramuka, kaos olah raga, sampai kaos kaki.
  14. Senter kecil.
  15. Korek api.
  16. Peluit.
  17. Jam tangan.
  18. Ponco atau jas hujan, ketika berkemah di animo hujan.
  19. Matras atau ganjal tidur pribadi
  20. Peralatan mandi, ibarat sabun, sikat gigi, pasta gigi, handuk, sandal jepit, dan gayung.
  21. Peralatan masak pribadi (jika diperlukan) ibarat nesting (panci masak pribadi serbaguna), kompor lapangan kecil (kompor spiritus, parafin, atau gas portabel).
  22. Peralatan makan, ibarat piring, sendok makan, dan gelas.
  23. Alat-alat tulis, ibarat buku, bolpoint, penggaris, dll.
  24. Tempat air minum.
  25. Obat-obatan pribadi.
  26. Beberapa kantong plastik untuk membungkus pakaian ganti dan pakaian kotor.
Masukkan dan atur sedemikian rupa kesemua peralatan berkemah tersebut dalam tas rangsel. Penyusunan peralatan menurut berat benda (barang yang berat di tarus di bab atas rangsel), serta waktu dan seringnya barang dipakai (barang jarang dipakai atau masih usang diletakkan di bab bawah rangsel). Pakaian ganti sebaiknya dimasukkan dulu ke dalam kantong plastik, pun untuk pakaian kotor, jikalau tidak sempat dicuci, dimasukkan pula dalam kantong plastik tersendiri. Sedangkan alat tulis, peralatan mandi, dan obat-obatan, masing-masing dimasukkan wadah tersendiri untuk memudahkan pengambilan jikalau sewaktu-waktu diperlukan.

Kesemua peralatan yang dibawa dalam berkemah, baik peralatan kelompok maupun peralatan pribadi, hendaknya didata. Baik sebelum ataupun sesudah perkemahan usai, masing-masing sanggup megececk peralatannya semoga tidak ada peralatan yang tertinggal.

0 Response to "Peralatan Berkemah Bagi Pramuka"