Latest News

Go Green: Satu Satu Pohon

Go Green: Satu Satu Pohon. Kwartir Nasional Gerakan tengah mencanangkan gerakan  Go Green: Satu Satu Pohon. Wujudnya yaitu kegiatan Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air. Gerakan ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 5 Juni 2015, bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2015.

Go Green, Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air - Satu Satu Pohon didasari oleh keberadaan Gerakan sebagai organisasi pendidikan. Gerakan harus ikut berperan aktif dalam aktivitas pelestarian lingkungan, berupaya berbagi diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kepedulian dalam kelestarian lingkungan anggotanya. Ini sekaligus sebagai perwujudan pengamalan Satya dan Darma .

Mencintai alam dan lingkungan hidup menjadi satu hal yang sangat penting dalam kepramukaan. Dalam Trisatya disebutkan salah satunya yaitu "menolong sesama hidup....". Pun dalam dasadarma kedua berbunyi "Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia". Sehingga masuk akal kalau pramuka berperan menjadi "Patriot Lingkungan".

 Kwartir Nasional Gerakan  tengah mencanangkan gerakan  Go Green: Satu  Satu Pohon
Ilustrasi, Gambar Penggalang Putri membawa bibit pohon untuk ditanam

 Kwartir Nasional Gerakan  tengah mencanangkan gerakan  Go Green: Satu  Satu Pohon
Dua pramuka penegak tengah menanam pohon


Mengingat hal tersebut, Kwartir Nasional Gerakan mencanangkan " Go Green, Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air - Satu Satu Pohon".

Sebagai puncak aktivitas Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air - Satu Satu Pohon, Kwartir Nasional akan memusatkan kegiatannya pada tanggal 5 Juni 2015 di Kabupaten Siak, Riau. Peserta Kemah Budaya Nasional 2015, yang tengah diselenggarakan pada tanggal 3-8 Juni, akan melaksanakan agresi Gerakan Menanam Satu satu Pohon.

Diharapkan semua anggota pramuka di seluruh Indonesia pun mengadakan aktivitas penanaman pohon pada tanggal tersebut. Namun kalau tidak sanggup dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2015, bisa dilakukan di hari lain atau diubahsuaikan dengan kegiatan-kegiatan lain yang diadakan.

Kak Saiko Damai, Bidang LH Kwarnas, dalam statusnya di grup facebook Kwarnas Gerakan menegaskan, kepedulian dalam ikut mengatasi dilema bukan berarti menciptakan dilema tersebut terselesaikan. Namun dengan banyak sekali aktivitas kepedulian yang melibatkan adik-adik diperlukan menjadi sarana edukasi bagi yang bersangkutan. Harapannya ketika cukup umur kelak bisa membentuk pramuka yang lebih peduli pada masalah-masalah kemasyarakatan. Termasuk dalam Gerakan Menanam Serentak di Seluruh Tanah Air - Satu Satu Pohon.

 Kwartir Nasional Gerakan  tengah mencanangkan gerakan  Go Green: Satu  Satu Pohon
Jadilah  Patriot Lingkungan


Tunggu apa lagi, Wahai . Jadilah Patriot Lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan agresi "Satu satu Pohon".

0 Response to "Go Green: Satu Satu Pohon"