Latest News

Membaca Dan Menciptakan Sandi Kotak

Cara membaca dan menciptakan sandi kotak teramat lah mudah. Saking mudahnya sandi kotak kerap, bersama sandi angka dan sandi AND, sudah diajarkan dan diujikan kepada anggota pramuka siaga. Wajar alasannya ialah selain mudah, sandi kotak pun kerap dimuat dalam banyak sekali buku materi kepramukaan.

Namun sebagaimana halnya sandi-sandi lainnya dalam kepramukaan, sandi yang gampang sekalipun akan menjadi sulit kalau tidak mengetahui teknik dan cara membacanya. Pun demikian dengan sandi kotak ini. Karena itu, kali ini Blog ria membahas salah satu teknik kepramukaan ini.

Sandi kotak sendiri membpunyai banyak variasi. Diantara variasi-variasi tersebut ialah Sandi Kotak I, Sandi Kotak II, Sandi Kotak III, dan sejenisnya. Yang akan kita pelajari kalia ini ialah cara membaca dan menciptakan Sandi Kotak I, sandi kotak yang paling mendasar, sederhana, dan mudah.

Cara Membaca Sandi Kotak I


Sandi kotak I (Pertama), biasanya disajikan ibarat ini.

Cara membaca dan menciptakan sandi kotak teramat lah gampang Membaca dan Membuat Sandi Kotak
Contoh soal Sandi Kotak

Dalam kata kunci biasanya disertakan gambar dari "Kunci Sandi Kotak", atau disebutkan kalau sandi tersebut ialah sandi kotak 1. Baru lalu disusul dengan soal yang harus dipecahkan. Gambar "Kunci Sandi Kotak I" terdiri atas dua kelompok yaitu kelompok pertama garis vertikal dan horizontal dengan hurug "A" hingga dengan "R". Sedangkan kelompok kedua terdiri atas garis-garis diagonal yang berisikan aksara "S" hingga "Z".

Selengkapnya lihat gambar di bawah.

Cara membaca dan menciptakan sandi kotak teramat lah gampang Membaca dan Membuat Sandi Kotak

Masing-masing bidang, terisi dua huruf. Semisal kotak paling kiri atas terdiri atas aksara "A" dan "B". Pun kotak-kotak lainnya. Huruf A dan B tersebut mempunyai lambang yang sama (lihat gambar di bawah), namun aksara kedua (B) dibedakan dengan penambahan "titik".

Sehingga dari "Kunci Sandi Kotak I" di atas kalau diuraikan satu persatu, masing-masing lambang dan hurufnya ialah sebagai berikut.

Cara membaca dan menciptakan sandi kotak teramat lah gampang Membaca dan Membuat Sandi Kotak


Nah, dari "Kunci Sandi Kotak I" itulah kita sanggup eksklusif memecahkan (membaca) soal sandi yang ada. Jika pun dalam soal tidak disertakan gambar "Kunci Sandi Kotak I", kita sanggup menciptakan atau menggambar sendiri "Kunci Sandi Kotak I" sebagai fatwa dalam membaca soal sandi.

Setelah terbaca maka akan didapati bahwa sandi sebagai mana tersebut di gambar paling atas artikel ini berbunyi sebagai berikut.

Cara membaca dan menciptakan sandi kotak teramat lah gampang Membaca dan Membuat Sandi Kotak


Sengaja enam lambang terakhir tidak diisi supaya adik-adik anggota Gerakan yang sedang mempelajari sandi kotak ini sanggup meneruskannya untuk latihan. Bagaimana? Ternyata sangat mudahkan untuk membuat dan membaca sandi kotak?

0 Response to "Membaca Dan Menciptakan Sandi Kotak"