Latest News

Gapura Tenda Pionering Setengah Bintang Dan Pagar

Melengkapi posting terdahulu wacana gapura tenda model pionering, kali ini pramukaria kembali merancang sebuah gapura tenda pionering. Adalah gapura tenda pionering model Setengah Bintang. Dinamakan sesudah bintang alasannya ialah bentuk pionering gapaura ini terispirasi dari bintang segilima. Penampakannya pun ibarat separo bab atas dari bintang segilima. Model gapura ini juga dilengkapi dengan pagar di kedua sisi kiri dan kanan.

Untuk menciptakan gapura ini sanggup mempergunakan bambu dengan ukuran-ukuran tertentu. Namun juga sanggup mempergunakan "full tongkat pramuka" (gapura dibentuk dari tongkat pramuka secara keseluruhan). Bahkan untuk menciptakan pagar di kanan kiri gapura cukup dengan memakai tongkat pramuka yang berukuran 160 cm.

Gapura model setengah bintang ini telah penulis ujicobakan dan praktekkan ketika adik-adik penggalang penulis mengikuti sebuah aktivitas perkemahan.

Jika memakai bambu dengan ukuran-ukuran tertentu yang telah disesuaikan, bambu dan tongkat pramuka yang diperlukan ialah :


  1. Untuk pembuatan gapura, membutuhkan :
    1. 3 batang tongkat pramuka (ukuran 160 cm)
    2. 2 batang bambu berukuran panjang 2 meter
    3. 1 batang bambu berukuran panjang 3 meter
    4. 2 batang bambu berukuran panjang 4 meter
  2. Untuk pembuatan pagar di kanan kiri gapura, membutuhkan 16 batang tongkat pramuka 

Sedangkan jikalau gapura dibentuk dari tongkat pramuka secara keseluruhan (full tongkat pramuka), bambu-bambu tersebut sanggup diganti dengan tongkat pramuka yang disambung. Total tongkat pramuka yang diperlukan untuk gapura ialah 17 tongkat pramuka.
  1. bambu berukuran panjang 2 meter diganti dengan dua tongkat pramuka yang disambung (2 batang = 4 tongkat pramuka)
  2. bambu berukuran panjang 3 meter diganti dengan dua tongkat pramuka yang disambung (1 batang = 2 tongkat pramuka)
  3. bambu berukuran panjang 4 meter diganti dengan tiga tongkat pramuka yang disambung ((2 batang = 8 tongkat pramuka)
Penampakan gapura dan pagar selengkapnya ialah sebagai berikut :

Melengkapi posting terdahulu wacana gapura tenda model pionering Gapura Tenda Pionering Setengah Bintang dan Pagar
Gapura Pionering Setengah Bintang. Klik gambar untuk memperbesar.

Seperti pada pembuatan gapura pionering sebelum-sebelumnya, untuk merakitnya cukup dengan memakai tali pramuka. Simpul dan ikatan yang dipergunakan ialah simpul pangkal, simpul mati (untuk menyambung tali), ikatan palang dan ikatan silang.

Untuk pagar di kanan dan kiri gapura, dalam gambar terdiri atas empat set. Ini mengingat ketika dipraktekkan pembuatan, kapling tenda yang disediakan (untuk satu kontingen dengan dua regu) selebar 12 meter. Jika kapling tenda berukuran kurang dari itu tentunya jumlah set pagar ini sanggup dikurangi menjadi dua atau tiga saja.

Baca juga :


Dan tentunya, ketika mempraktekkan menciptakan gapura pionering model setengah bintang, gambar di atas sanggup diadaptasi dan dikembangkan sesuai dengan keadaan dan kreatifitas masing-masing. Termasuk penggunakan gambar di puncak gapura dan di 'kotak' pagar.



0 Response to "Gapura Tenda Pionering Setengah Bintang Dan Pagar"